Lebaran Ketupat

lebaran ketupat

Perayaan yang berlangsung pada 8 syawal seringnya di sebut dengan Lebaran Ketupat oleh masyarakat di Pulau Jawa.

Sebagai bentuk kearifan lokal yang berbeda-beda namun memiliki makna yang sama yaitu mempererat tali silaturahim. Yuk simak bagaimana berbagai daerah di Indonesia merayakan makna hari kemenangan.

Wilayah Kudus, Jawa Tengah masyarakatnya lebih mengenal dengan sebutan Syawalan. Berlangsungnya prosesi Kirab Gunungan seribu ketupat dan tumpukan lepet menjadi perlambang dimulainya tradisi syawalan. Kirab dimulai dari rumah kepala desa menuju Masjid Sunan Muria. Kemudian dilanjut dengan ziarah ke Makam Sunan Muria dengan prosesi meminum air dan mencuci tangan dan kaki yang bersumber dari tempayan peninggalan Sunan Muria.

Keunikan lain datang dari daerah Pasuruan, Jawa tengah. Warga Desa Tambak Lekok menggelar tradisi lomba Skilot atau lomba selancar di lumpur.

Lebaran Topat, begitu Masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat menamakan tradisi 7 hari setelah Lebaran Idul Fitri. Tradisi Nyangkar yang diperkenalkan oleh nenek moyang suku sasak. Masyarakat Lombok akan mengarak cidomo (delman) hias yang membawa ketupat menuju Makam Loang Baloq, dengan diiringi lantunan sholawat nabi. Setelah sampai dan berziarah makam kemudian masyarakat akan makan ketupat dan sajian makanan lain bersama-sama di Taman Loang Baloq.

Begitu kiranya perayaan pasca Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana perayaan di daerah anda?

Marketing WhatsApp : 0812.813.2452
Website : www.ardimitraexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *